buku dolly

Judul buku : Dolly, Kisah Pilu yang Terlewatkan
Penulis : Cornelius Prastya R. K dan Adi Darma
Penerbit : Pustaka Pena

Sampul berwarna merah dengan gambar lekukan tubuh wanita bahenol bikin siapa aja yang liat buku ini pertama kali langsung tertarik. Hayoooo!! Tebak kenapa kok bisa gitu? haha 😀

Balik ke fokus untuk meriview buku ini yaa gaess. Well,, buku ini adalah salah satu buku yang aku cari selama ini. Buku ini memberikan informasi secara lengkap tentang sejarah dan fenomena-fenomena yang ada di lokalisasi Dolly. Banyak yang bilang lokalisasi adalah tempat yang “haram” untuk di kunjungi. Tapi yakin kalo  semua orang didalamnya itu “haram”?? Hmm…

Dalam tulisan ini aku tidak ingin menceritakan kembali apa isi bukunya. Silahkan beli sendiri atau pinjem juga boleh. Aku nemu buku ini via online store tapi ternyata di shoping center Jogja ada.

Buku ini cucok banget buat temen-temen yang bersedia untuk membuka pikiran, bahasa londhone “open minded” tentang fenomena pelacuran di Indonesia. Dalam buku ini menuliskan banyak hal dari hal yang sangat general; seperti sejarah prostitusi Indonesia, sejarah prostitusi Dolly hingga cara pandang masyarakat tentang pelacuran, dll. Nah selain itu buku ini juga membahas tentang hal yang lebih spesifik .Bagian yang mendetil ini yang paling aku suka yaitu tentang kisah hidup beberapa pelacur Dolly serta kisah mantan pelacur dan germo yang sekarang malah mengabdikan diri pada masyarakat.

Kisah kehidupan pelacur itu tak “se-enak” yang temen-temen kira loh. Hanya dengan pamer kemontokan dan menerbar senyum aja udah bisa dapet uang, dan cara lain yang terlihat mudah dan hina. Tapii ada sebab pasti ada akibat donk, nah buku ini salah satunya yang menceritakan penyebab beberapa wanita rela melakukan perbuatan yang sangat menyimpang dari tatanan norma masyarakat. Makanya kan sebelumnya aku dah bilang, buku ini hanya cocok untuk yang sudah bisa open mind tanpa memberikan judgement salah atau benar.

So? Sudah siapkah kamu untuk berpikaran terbuka??

Selamat membacaa 😀

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here