Konsultasi Psikolog di Semarang: Mengatasi Stress dengan Mudah dan Murah

Setiap orang pastinya pernah mengalami stress. Ya namanya juga hidup, pastinya akan selalu ada tekanan baik dari internal maupun eksternal. Seringkali stress lebih dikaitkan pada hal-hal yang sifatnya negatif, padahal dalam dunia psikologi stress juga ada yang positif atau disebut dengan eustress. Misalnya seperti stress menghadapi ujian yang membuat kita belajar dengan giat. Tekanan yang muncul justru memotivasi kita untuk belajar dengan lebih giat dan tentunya hal tersebut adalah hal yang postif, bukan?

Pada kali ini, kita akan membicarakan stress yang negatif atau disebut dengan distress. Stress negatif ini seringkali membuat seseorang menjadi demotivasi dan cenderung mengalami penurunan kualitas hidup. Biasanya dampaknya akan terlihat pada kesehatan. Misalnya seperti tidak konsentrasi, susah tidur, penurunan nafsu makan, peningkatan asam lambung sehingga menyebabkan maag, vertigo, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, kondisi stress ini dipicu oleh pelepasan hormon kortisol dan adrenalin yang berlebihan oleh tubuh sehingga memicu beberapa reaksi dalam tubuh. Dampaknya bila hormon tersebut diproduksi secara berlebihan maka akan membuat tubuh menjadi mudah lelah dan juga menjadi mudah sakit.

Seringkali bagi mereka yang sudah mengalami stress berkepanjangan seperti ini lebih memilih untuk melakukan pelampiasan stress secara negatif pula. Misalnya dengan merokok berlebih, minum-minuman beralkohol, dan melakukan hal-hal lain yang justru tidak membantu dalam penurunan tingkat stress yang dialami.

Padahal banyak sekali aktivitas positif yang bisa dilakukan untuk menanggulangi stress tersebut. Aktivitas-aktivitas tersebut murah dan sangat mudah untuk dijalankan. Dan tentunya aktivitas ini bila dilakukan secara terus menerus akan menjadikan sebuah kebiasaan yang positif dan sangat bermanfaat. Untuk itu, berikut ini terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengelola stress secara lebih positif, yaitu sebagai berikut:

Tulis Apa Yang Dirasakan

Menulis merupakan salah satu terapi diri yang sangat efektif dalam menurunkan tingkat stress. Anda hanya memerlukan kertas dan pena untuk melakukannya. Caranya sangat mudah, yaitu tuliskan apa yang menjadi uneg-uneg anda. Tulis semuanya sampai tidak ada lagi yang tersisa. Semakin anda lepas dan bebas mengungkapkan apa yang dirasakan, maka akan semakin cepat tingkat stress anda menurun. Karena dilakukan dengan menulis, maka terapi ini dikenal dengan terapi menulis. Terapi ini akan lebih efektif bila dilakukan saat anda sedang seorang sendiri, sebab anda akan lebih mudah untuk mengungkapkan apa yang anda rasakan tanpa takut diketahui oleh orang lain.

Sharing dengan Orang Lain

Menceritakan apa yang anda rasakan pada orang lain khususnya pada orang terkasih ternyata salah satu cara yang cepat dan efektif dalam menurunkan tingkat stress anda. Orang terkasih tidak selalu pasangan, bila anda jomblo anda bisa berbagi dengan orang tua, teman atau sahabat anda. Namun bagaimana bila anda merasa tidak memiliki teman dekat dan sulit percaya dengan seseorang yang anda kenal? Mudah! Anda bisa menceritakan apa yang anda rasakan dengan orang yang benar-benar tidak anda kenal. Saat ini sudah tersedia curhat online gratis yang bisa anda akses melalui gadget anda. Atau apabila anda membutuhkan sharing khusus dengan psikolog semarang secara online anda bisa menghubungi melalui WhatsApp 085290499960

Berolahraga

Seperti yang kita ketahui bersama, selain menyehatkan tubuh ternyata olahraga juga dapat membantu anda dalam menurunkan tingkat stress yang sedang anda alami. Dengan anda menggerakan tubuh anda maka oksigen akan masuk ke dalam otak anda dan tentunya akan berpengaruh pada kondisi emosi anda.  Lakukan olahraga yang benar-benar anda sukai. Dan agar lebih menyenangkan maka anda bisa mengajak sahabat atau orang terkasih anda untuk melakukan olahraga bersama.

Hal-hal yang telah disebutkan di atas tentunya sangat mudah dan murah untuk anda lakukan. Namun apabila anda sudah melakukan hal-hal tersebut namun masih tak kunjung membaik, maka ada baiknya anda memeriksakan diri ke psikolog terdekat untuk melakukan konseling. Sebab apabila kondisi psikologis anda tak kunjung membaik maka akan berdampak pada munculnya permasalahan lain, seperti  mengalami depresi, gangguan makan serius, disfungsi seksual, obesitas, gangguan kepribadian serta ganggung jiwa lainnya. Anda bisa hubungi psikolog semarang melalui WhatsApp 085290499960 atau email mayorita92@gmail.com untuk reservasi konsultasi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here