Konsultasi Psikolog di Semarang : Tanda – Tanda Depresi Yang Tak Banyak Orang Sadari

Dalam kehidupan ini pasti ada saatnya kita mengalami kondisi naik ataupun turun. Terlebih tuntutan hidup saat ini menuntut anda untuk kerja lebih keras dari sebelumnya. Kelelahan akibat pekerjaan seringkali dikesampingkan dan dianggap sebagai sesuatu yang sepele. Namun apakah demikian? Bisa jadi kelelahan yang dirasakan merupakan salah satu tanda depresi yang tidak disadari. Bagi sebagian orang mulai menyadari depresi ketika kondisinya sudah parah. Tentu saja hal ini akan sangat berbahaya dan penanganannya akan semakin panjang. Maka dari itu, agar tidak terjadi sesuatu yang lebih buruk, berikut ini beberapa gejala depresi yang tak banyak disadari oleh orang, yaitu:

Merasa Sedih, Kosong dan Tidak Bahagia

Seringkali gejala depresi yang dapat dengan mudah diketahui ialah ketika seseorang sudah merasa kesedihan yang tidak jelas dari mana asalnya. Hal ini juga seringkali diikuti dengan perasaan putus asa dan kehilangan gairah hidup. Orang-orang yang sering mengalami kesepian akan sangat rentan mengalami depresi dan tentu saja akan merasa tidak bahagia dalam menjalani kehidupannya.

Marah dan Frustasi

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tingkat iritabilitas seseorang akan menjadi sangat tinggi ketika sedang mengalami depresi. Mereka akan dengan sangat mudah marah walaupun pada hal-hal yang sepele. Maka apabila anda menjadi mudah marah dan merasa frustasi, bisa jadi saat ini anda sedang mengalami depresi.

Kehilangan Minat dan Kesenangan

Jika anda tiba-tiba tidak berminat melakukan sesuatu yang biasanya anda gemari, maka anda patut mawas diri. Salah satu gejala depresi yang terkadang banyak tidak disadari oleh orang-orang ialah kehilangan minat dalam melakukan sesuatu yang membuatnya bergairah. Selain itu, misalnya ketika ada lelucon atau sesuatu yang biasanya membuat anda tertawa namun kini anda merasakan hal tersebut sirna, itu juga bisa menjadi pertanda yang perlu anda sadari. Biasanya bagi yang sudah sampai kehilangan minat atau gairah melakukan sesuatu maka cenderung untuk mengisolasi diri. Tentu saja orang yang sudah samai pada fase mengisolasi diri akan semakin sulit untuk menyadari bahwa dirinya membutuhkan bantuan profesional.

Mengalami Gangguan Tidur atau Tidur Berlebihan

Bagi orang yang mengalami depresi, seringkali mereka akan sulit sekali untuk merasakan tidur dengan nyanyak. Bagi orang biasa, mereka akan sangat mudah tidur ketika dalam keadaan lelah, namun tidak demikian dengan orang yang depresi, walau tubuhnya sangat lelah namun mereka sulit untuk tidur. Selain mengalami kesulitan tidur, ternyata jam tidur yang berlebihan juga menjadi ciri dari seseorang yang mengalami depresi.

Perubahan Nafsu Makan

Beberapa orang yang mengalami depresi akan terlihat adanya perubahan berat badan yang signifikan, baik itu penurunan berat badan atau kenaikan berat badan yang secara drastis. Hal serng terjadi memang akan kehilangan nafsu makan sehingga penurunan bobot tubuh yang terjadi secara drastis. Namun sebaliknya, ada pula yang menganggap bahwa makanan merupakan salah satu hal yang bisa menyelesaikan masalah sehingga mereka akan makan secara berlebihan.

Kelelahan dan Kekurangan Energi

Tentu saja bagi seseorang yang mengalami sulit tidur dan mengalami nafsu makan akan memiliki energi yang sangat terbatas dalam dirinya. Dampaknya ialah mereka akan mengalami kelelahan yang teramat sangat. Sehingga untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang sederhana saja membutuhkan usaha yang sangat besar.

Merasa Cemas Gelisah

Bila disekeliling anda ada orang yang mengalami kegelisahan dan kecemasan tanpa sebab, bisa jadi orang tersebut sedang mengalami depresi. Cirinya mirip dengan gangguan kecemasan, seperti mondar-mandir, menggigit kuku jari tangan, sulit untuk duduk diam, dan lain sebagainya.

Sulit Konsentrasi

Sulit fokus dan mengalami keterlambatan berpikir juga merupakan gejala depresi yang seringkali tidak banyak disadari banyak orang. Biasanya dapat terlihat ketika tidak nyambung saat diajak berbicara atau sering disebut dengan gagal fokus. Selain itu tanda mengalami keterlambatan berpikir juga terlihat dari gerak tubuh yang lamban serta enggan untuk berbicara.

Muncul Perasaan Tidak Berharga dan Bersalah

Perasaan ini seringkali muncul pada orang-orang yang baru saja mengalami kegagalan di masa lalu sehingga muncul perasaan menyalahkan diri sendiri. Walau perasaan ini merupakan sesuatu yang wajar dialami oleh setiap orang, akan tetapi menjadi tidak wajar apabila hal ini terjadi terus menerus.

Memikirkan Tentang Kematian, Bunuh Diri Hingga Melalukan Percobaan Bunuh Diri

Ini merupakan gejala depresi yang paling serius. Ketika seseorang sedang tertekan, maka pikiran untuk mengakhir hidup seringkali muncul dan menonjol. Seringkali hal tersebut didasari dengan rasa putus asa yang sangat mendalam dalam menghadapi kehidupan. Mereka akan memikirkan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengakhiri hidup. Apabila anda menemukan orang terdekat atau bahkan diri anda sendiri mangalami hal ini maka jangan ragu untuk segera mencari bantuan orang yang anda percaya untuk menolong anda.

Mengalami Permasalahan Fisik Yang Tidak Dapat Dijelaskan Secara Medis

Penyakit fisik dapat menjadi salah satu gejala depresi yang anda alami, misalnya mengalami sakit punggung, sakit kepala atau vertigo. Tentu saja apabila diperiksakan ke dokter, mungkin saja dokter akan kesulitan untuk menemukan apa penyebab penyakit yang anda alami. Apabila sudah demikian maka anda perlu segera memeriksakan kondisi psikis anda ke psikolog.

Demikianlah beberapa gejala depresi yang sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Apabila anda atau orang terdekat mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas, maka segera cari pertolongan dengan segera memeriksakan ke psikolog semarang untuk mendapatkan pertolongan. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami bahwa depresi merupakan kondisi yang sangat membahayakan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here