Konsultasi Psikologi di Semarang : Tips Mudah Dalam Mengontrol Kecemasan

Kecemasan merupakan salah satu permasalahan yang erat hubungannya dengan kontrol diri. Mengalami kecemasan berarti secara tidak sadar dalam diri anda telah terbangun sistem “flight or fight” yang sangat berlebihan, sehingga menyebabkan anda sulit untuk mengontrol rasa takut, sensasi pada fisik dan banyak lagi.

Itulah mengapa sangat penting untuk belajang mengontrol kecemasan anda. Anda tak perlu pusing dan bingung dalam mengendalikan kecemasan yang sering datang dalam hidup anda, saat ini sudah banyak cara yang bisa anda lakukan secara nyaman dan dengan teknik yang tepat pula. Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam mengontrol kecemasan secara efektif, yaitu sebagai berikut:

Berolah raga

Olah raga merupakan salah satu cara sehat yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kecemasan yang anda alami. Selain menyehatkan fisik, berolahraga juga dapat berpengaruh positif dalam kesehatan mental anda. Salah satu olahraga yang bisa anda lakukan ialah dengan jogging. Apabila anda tidak menyukai jogging, maka anda bisa pilih olahraga yang paling anda sukai.

Buatlah Jurnal

Membuat jurnal harian atau buku diary ternyata memiliki manfaat sangat baik dalam membantu anda mengontrol kecemasan. Anda bisa menuliskan pemikiran atau perasaan tentang kecemasan yang muncul dalam jurnal tersebut.  Tujuannya ialah agar pemikiran-pemikiran tersebut tidak terlalu lama ada di dalam otak anda, dengan menuliskannya maka anda sama saja mengeluarkannya dalam bentuk yang lain yaitu dalam bentuk tulisan. Apabila kecemasan datang, segeralah ambil secarik kertas untuk menuliskan semua pemikiran di kertas tersebut, niscaya setelah melakukannya maka anda akan merasa lebih rileks dan tenang.

Jurnal Positif

Bila jurnal yang disebutkan dirancang untuk membuat anda untuk berhenti berpikir negatif, maka selanjutnya jurnal positif ini dibuat untuk menggantikan pemikiran negatif tersebut dengan pemikiran yang positif. Dengan menuliskan hal-hal yang positif, maka otak akan merekam dan fokus pada hal-hal positif yang anda inginkan. Anda bisa mulai menuliskan secara spesifik dan detil tentang hal-hal positif apa yang anda rasakan sepanjang hari, atau bila anda menuliskannya pada pagi hari maka anda bisa menuliskan tentang hal-hal positif apa yang anda inginkan terjadi pada hari itu. Sungguh mudah bukan?

Bercinta

Bagi anda yang sudah menikah maka anda bisa lakukan aktivitas bercinta untuk membantu anda dalam mengontrol kecemasan yang anda alami. Bercinta merupakan salah satu aktivitas favorit yang disukai banyak orang. Selain sebagai pemenuhan kebutuhan dasar, saat bercinta membuat tubuh anda menjadi lebih rileks dan nyaman. Komunikasikan pada partner untuk mau membantu anda dalam mengontrol kecemasan dengan aktivitas yang menyenangkan ini.

Meditasi

Sudah banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa meditasi merupakan salah satu aktivitas yang sangat membantu dalam mengurangi kecemasan. Seperti dalam studi baru dari Harvard University mengungkapkan bahwa meditasi membantu mengurangi gejala kecemasan dengan memperbaiki konsentrasi dan kesadaran diri. Selain itu, latihan meditasi secara rutin juga membantu dalam menyehatkan jantung serta mengubah fisiologis otak manusia menjadi lebih baik lagi. Bagi anda yang belum pernah melakukan meditasi, maka anda bisa mulai dengan menyadari tarikan nafas anda. Belajar menyadari apa yang anda rasakan merupakan salah satu ilmu dasar dari meditasi.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membantu mengurangi dan mengontrol kecemasan yang anda alami. Pilihlah aktivitas yang paling anda sukai, sehingga dapat membantu anda lebih cepat dalam mengatasi kecemasan anda. Bila anda masih mengalami kesulitan dalam memilih aktivitas apa saja yang dapat membantu anda mengontrol kecemasan yang dirasakan, maka anda bisa menguhubungi psikolog semarang melalui wa/sms di nomor 085 290 4 99960.

Semoga tips yang diberikan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here