https://www.facebook.com/ForumNandurBecik/

Menanam Kebaikan di Rumah Sasongko

Kosong adalah isi dan isi adalah kosong – Biksu Tong“. Entah kenapa yang langsung terlintas dalam benakku saat mendengar kata kebaikan adalah sepenggal quote yang diucapkan Biksu Tong saat melakukan perjalanan mancari kitab suci bersama kelima muridnya.

Bagi yang belum familiar memang quote itu terdengar membingungkan. Ya gimana jadinya kosong dibilang isi dan malah isi dibilang kosong? Aku juga demikian. Diawal ndak mudeng apa maksudnya tapi sedikit demi sedikit aku mulai memahaminya salah satunya saat aku mulai banyak memasuki dimensi-dimensi lain yang semakin membuka pikiranku.

Memahami suatu maksud memang membutuhkan waktu dan juga keterbukaan. Bukan soal terbuka pikiran saja, namun hingga mencapai level terbuka hati. Kadang sulit dicerna dan sering juga tidak masuk ke alam pikir yang selama ini aku amini. Namun ya realitasnya yang terjadi seperti itu. Dunia terus bergerak dan hanya orang bodoh yang tak mau menerima perubahan-perubahan yang kian hari kian cepat.

Dan itu membuatku ketawa sendiri, ternyata selama ini aku masih kosong. Merasa sudah tahu segalanya, padahal benernya belum ada sekuku item.  Pernah mendengar ilmu padi? Semakin isi akan semakin merunduk. Ya begitulah arti kosong adalah isi. Semakin luas wawasan seseorang, malah akan merasa kosong karena merasa masih banyak ilmu yang belum dipelajari.

Melalui Forum Nandur Becik aku banyak belajar. Bahwa hidup itu lebih luas dari sekedar urusan perut, lebih luas dari sekedar persoalan dompet dan hidup juga lebih luas dari sekedar mewujudkan mimpi-mimpi masa kecil. Karena hidup sejatinya soal menanam kebaikan untuk sesama. Apa artinya hidup jika kita tak memiliki manfaat untuk orang lain. Ya, hampa dan kosong.

Satu hal yang aku suka, Forum ini mengajarkan tentang menanam kebaikan dengan cara yang berbeda. Bukan soal bersedekah sebanyak banyaknya untuk fakir miskin. Bukan. Tapi mengajarkan lebih dari itu. Bagaimana menjadi berdaya untuk bisa memberdayakan orang lain dengan cara yang berbeda. Aku mulai mengerti bahwa segala keaikan berawal dari pembentukan mental.

Bertempat di Rumah Sasongko forum kebaikan ini diadakan. Lebih dari seratur orang datang di tiap acaranya membuat aku semakin bersemangat. Ternyata aku sadar, kota ini memang sangat membutuhkan tempat yang seperti ini, tempat memberikan kesegaran dan penyadaran tentang kehidupan.

Rugi rasanya bila kesempatan bertemu di ruang – ruang ini di lewatkan begitu saja.

See you soon!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *