Pembicara Seks Edukasi Remaja : Mengapa Pendidikan Seks Pada Remaja itu Penting?

Seks edukasi masih menjadi sesuatu yang menjadi momok bagi sebagian institusi pendidikan. Paradigma tentang pendidikan seks yang keliru membuat sebagian remaja belum mendapatkan akses yang sebenar-benarnya terkait dengan pendidikan seksual. Padahal, pendidikan seks untuk remaja berkaitan tentang kesehatan reproduksi serta penyakit HIV/AIDS. Di Indonesia sendiri pendidikan seks masih dianggap tabu dan masih belum banyak menyadari seberapa penting perannya.

Sebenarnya, pendidikan seks bertujuan untuk mencegah para remaja untuk melakukan hubungan seks sebelum waktunya. Kehamilan yang tidak diinginkan merupakan salah satu kasus yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu perlu disadari bahwa kini penyebaran penyakit infeksi menular seksual serta HIV/AIDS juga sudah merambah pada kalangan usia remaja.

Definisi Pendidikan Seks

Menurut definisinya, pendidikan seks merupakan pemberian informasi terkait dengan seksualitas manusia. Tentunya dalam pemberian informasi tersebut disesuaikan dengan usia. Bagi remaja misalnya, informasi pendidikan seks yang diberikan berkisar tentang proses terjadinya pembuahan hingga kelahiran, tingkah laku seksual, aspek-aspek kesehatan fisik dan psikologis serta hal-hal yang berkaitan tentang relasi sosial di masyarakat.

Agar tidak terlalu vulgar, beberapa pihak menghaluskan istilah pendidikan seks dengan pendidikan kesehatan reproduksi. Hal ini dilakukan agar leih mudah diterima oleh orangtua, guru serta murid itu sendiri.

Tak bisa dipungkiri, dengan perkembangan zaman yang semakin pesat seperti sekarang ini, mau tidak mau anak sudah harus dibekali dengan pendidikan seks sedari dini. Pendidikan seks kini tak hanya dikhususkan untuk remaja yang baru saja memasuki masa puber, namun pendidikan seks juga penting diberikan pada anak-anak usia pra sekolah sampai anak-anak sekolah dasar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, materi pendidikan seks yang diberikan tentunya akan berbeda antara anak usia pra sekolah, sekolah dasar dan remaja.

Pendidikan Seks sama Pentingnya dengan Materi Pelajaran Lainnya

Karena penting untuk diajarkan untuk anak, maka dapat dikatakan bahwa pendidikan seks sebenarnya dapat disetarakan dengan materi pelajaran lain di sekolah. Hal yang membedakan ialah seks edukasi mengajarkan tentang soft skill yang tentunya akan berhubungan dengan karakter anak kedepannya. Dengan adanya pendidikan seks, maka remaja akan lebih berani untuk melindungi dirinya dan juga menjadi lebih bertanggung jawab atas ketubuhannya. Orang tua juga hendaknya tak lagi berpikiran bahwa pemberian seks edukasi pada anak merupakan sesuatu yang tabu dan tidak layak untuk diberikan. Justru, pendidikan seks yang terpenting ialah diajarkan langsung oleh orang tua dibandingkan diajarkan oleh guru di sekolah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here