pertahanan hati

Pertahanan Hati

Bicara soal cinta, selalu saja tak akan ada habisnya. Bukan bermaksud untuk mellow atau jadi anak cinta, tapi lewat tulisan ini aku ingin menyampaikan sesuatu agar tak banyak orang lagi yang salah sangka dengan sikapku.

Terlahir sebagai perempuan di era yang modern ini ternyata secara tidak langsung membuatku memiliki sikap pemilih. Beberapa puluh tahun silam, mungkin perempuan tidak memiliki hak untuk memilih, oleh sebab itu perjodohan menjadi sesuatu yang sangat wajar terjadi. Tapi berbeda dengan saat ini. Perempuan telah diberikan kebebasan memilih sehingga ia berhak untuk menentukan siapa yang akan menjadi teman hidup sampai tua. Begitupula denganku. Urusan hati, aku sagatlah berhati-hati. Bagiku cinta tak melulu mengambil keputusan hanya berdasarkan dengan hati tapi juga dengan logika.

Seringkali di awal akulah yang lebih proaktif untuk mengukur sebuah situasi, apakah situasi ini memberikan peluang kedepan atau tidak. Namun, bila ada seseorang yang memberikan sinyal balik, aku malah segera mengambil langkah mundur. Bukan untuk menolak, tapi langkah mundur untuk menjauh apakah target akan mengerahkan daya upaya untuk mengejar atau tidak. Haha.. ribet ya?

Tak bisa dipungkiri itu semua butuh proses yang tak sebentar. Karena ini bukan urusan jangka pendek semata, namun jangka panjang, mungkin hingga mata enggan terbuka kembali. Ini baru proses pendekatan, belum proses memahami satu sama lain hingga tumbuhnya suatu rasa yang sering dinamakan cinta.

Gambaran diatas merupakan salah satu benteng pertahanan diri yang aku juga tidak tahu dari mana aku mempelajarinya. Namun dari benteng yang aku buat sedemikian rupa, aku bisa menilai siapa sosok yang mampu menembus benteng dengan menggunakan strategi andalannya.

Oleh karena itu, buatku, mencintai seseorang itu membutuhkan proses yang panjang. Aku tak bisa semena-mena dengan mudahnya mengatakan sayang atau cinta pada seseorang hanya karena perhatian yang diberikan. Dan sayangnya sudah ada sosok yang mampu menembus benteng yang aku buat dan membuat benteng baru dengan segala tingkat keamanan berlapis agar tidak ada penyusup masuk.

Sorry, i’m not available 🙂

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *