Psikolog Semarang – Konsultasi dengan psikolog memang masih sangat awam dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Sehingga tak heran, masih sangat jarang hal-hal yang memberikan informasi terkait persiapan saat berkunjung ke psikolog. Agar konsultasi anda berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum anda berkunjung ke psikolog.

MEMBUAT CATATAN KECIL

Buatlah catatan-catatan kecil mengenai masalah yang sedang dihadapi. Misalnya: masalah rumah tangga, masalah teman, masalah dengan orangtua, masalah anak, dsb. Catatan ini akan sangat berguna untuk mambantu anda memulai konsultasi dengan Psikolog.

MENJABARKAN HAL DETAIL KE DALAM CATATAN KECIL

Dari inti masalah diatas cobalah untuk menjabarkan di dalam catatan hal-hal kecil (atau besar) yang anda rasa penting untuk disampaikan. Misalnya: sulit tidur, merasa cemas, merasa gelisah, ketakutan yang berlebih, moodwsing, napsu makan berkurang, banyak pikiran negatif, dsb. Hal detail sangat penting untuk disampaikan secara lengkap karena akan berguna untuk efektifitas konsultasi.

TIDAK MENDIAGNOSA DIRI SENDIRI

Walau saat ini banyak informasi yang bisa membantu anda memberikan pengertian mengenai kondisi yang sedang anda alami, namun seringkali kami menemukan informasi yang salah dan tidak berhubungan dengan kondisi klien/pasien. Sebaiknya tidak percaya semua informasi yang anda temukan, dan yang lebih penting lagi adalah tidak mendiagnosa diri anda sendiri dengan informasi yang anda miliki. Misalnya: mbak saya paranoid, saya depresi, saya bipolar, saya psikosomatis, dsb. Diagnosa sebaiknya hanya diberikan oleh para profesional yang memiliki kompetensi untuk memeriksa kondisi anda.

CATAT PERTANYAAN YANG INGIN DITANYAKAN

Catatlah semua pertanyaan yang ingin ditanyakan saat sesi konsultasi berlangsung. Hal ini akan mempermudah anda untuk mengingat hal-hal penting yang ingin dibahas dengan Psikolog. Melalui catatan ini juga anda akan menghemat waktu dalam mengajukan pertanyaan yang menurut anda penting untuk ditanyakan, sehingga sesi konsultasi akan berjalan dengan efisien.

MEMBUAT PERJANJIAN

Buatlah perjanjian waktu pertemuan kepada psikolog yang diinginkan sesuai dengan kenyamanan anda. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk datang, tanyakan informasi yang anda inginkan yang berhubungan dengan kenyamanan anda selama konsultasi. Misalnya: biaya konsultasi, berapa lama sesi konsultasi, dsb.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda persiapkan sebelum berkonsultasi ke psikolog. Semakin anda mempersiapkan diri maka akan semakin cepat dalam proses penyembuhan anda. Semoga informasi yang telah diberikan bermanfaat untuk anda.

Sepertinya anda telah siap untuk melakukan konsultasi kepada Psikolog apabila telah melakukan 6 tips diatas. Jangan lupa untuk membawa catatan kecil yang telah anda tulis. Catatan tersebut juga berguna untuk mencatat hal-hal penting yang dibahas atau disampaikan oleh Psikolog selama sesi konsultasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here