PSIKOLOG SEMARANG – Seseorang yang sedang mengalami permasalahan psikologis sering kali enggan datang konsultasi menemui psikolog. Banyak sekali alasan yang dikemukakan, salah satu alasan yang banyak sekali beredar di kalayak umum ialah takut dianggap mengalami gangguan jiwa. Padahal, bila tidak  segera mencari pertolongan bisaja jadi yang ditakutkan justru akan terjadi.

Salah satu contoh permasalahan yang awalnya sering dianggap sepele ialah kecemasan. Kecemasan merupakan suatu peristiwa psikologis yang hampir setiap hari dialami oleh setiap orang. Cemas menghadapi ujian, cemas saat ingin presentasi di kelas, atau bisa juga cemas saat akan dipanggil ke ruangan bos. Kecemasan yang tidak termanage dengan baik bila terus dibiarkan akan menjadi kecemasan yang sangat patologis dan menyebabkan gangguan perilaku. Bila tak segera ditangani oleh psikolog, maka bisa jadi akan mengarah pada gangguan kejiwaan yang sangat serius.  

Sebenarnya, melakukan konsultasi dengan psikolog itu sangat membantu dalam memanajemen kesehatan mental. Mental yang baik menandakan seseorang memiliki kualitas hidup yang baik. Konsultasi yang dilakukan terkadang bukan konsultasi yang menakutkan seperti di rumah sakit. Banyak psikolog hanya melakukan konseling terapeutik dengan klien saja ternyata sudah memiliki dampak yang sangat baik untuk perkembangan kesehatan mental klien.

Tak seperti psikiater, psikolog tidak bisa memberikan treatmen berupa obat-obatan. Yang dilakukan psikolog saat menangani klien lebih fokus pada intervensi psikoterapi, training dan masih banyak lagi. Setiap klien yang datang konsultasi pasti menggunakan pendekatan terapi yang berbeda dengan klien lainnya. Sebab setiap klien pasti memiliki latar belakang yang berbeda walau mengalami gangguan psikis yang sama.

Berikut ini merupakan pertanda bahwa seseorang membutuhkan konsultasi dengan psikolog semarang, yaitu seperti ini beberapa indikasinya:

Butuh Saran

Banyaknya pilihan hidup sering kali membuat seseorang bingung dalam pengambilan keputusan. Adanya tekanan baik dari lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, lingkungan kerja dan sumber tekanan lainnya membuat seseorang menjadi tidak berani dalam mengambil keputusan. Di sinilah peran psikolog. Seorang psikolog akan membantu klien dalam menentukan mana pilihan yang benar-benar diinginkan dan yang tidak, pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan yang tidak. Psikolog hanya membimbing klien untuk menguraikan permasalahan yang dihadapi. Namun walaupun demikian keputusan tetap ada di tangan klien, psikolog tidak berhak memutuskan.

Gejala Depresi

Permasalahan yang menumpuk dan terus berlarut-larut membuat seseorang menjadi kehilangan semangat hidup karena merasa terjebak pada benang kusut kehidupan. Orang-orang yang sudah merasa terjebak seperti ini seringkali sulit untuk melihat solusi pada permasalahan yang dihadapi. Efeknya bisa jadi sedih secara berlebihan, menangis tanpa sebab, kehilangan gairah hidup, hingga sampai memiliki pikiran untuk segera mengakhiri kehidupan. Bila anda atau orang-orang sekitar anda mengalami hal ini, maka segera di bujuk untuk mau berkonsultasi ke psikolog, sebab gejala depresi bila tidak segera ditangani akan berubah menjadi depresi dalam waktu yang sangat singkat.

Merasa Tidak Nyaman Dengan Diri Sendiri

Setiap orang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan oleh karena itu disebut manusia itu sangat unik. Namun sayangnya banyak sekali orang yang tidak menyadari keunikan dalam dirinya. Sehingga membuat mereka sangat mudah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Lebih-lebih saat ini era sosial media dimana hampir semua orang memamerkan kehidupan pribadinya. Tak heran bagi mereka yang kurang melihat sisi positif dalam diri membuat mereka menilai segala sesuatu dalam dirinya selalu negatif. Tentunya bila hal ini terus berlanjut maka akan mengalami body dissatisfaction yang akan berdampak pada perkembangan psikis selanjutnya.  

Beberapa di atas hanyalah contoh kecil permasalahan sepele yang bisa menjadi sangat serius bila tidak segera ditangani. Tak perlu ragu untuk datang berkonsultasi dengan psikolog semarang , sebab dengan berkonsultasi maka kesehatan mental akan terjaga dengan baik dan bahkan memiliki kepuasan hidup yang tinggi pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here