PSIKOLOG SEMARANG. Banyak sekali mitos yang beredar bahwa saat berkonsultasi dengan psikolog berarti anda sudah mengalami gangguan jiwa atau sering disebut “gila”. Mitos yang beredar lama ini sebenarnya justru merugikan diri anda sendiri. Saat anda kewalahan dengan masalah yang anda alami misalnya, anda akan menjadi ragu-ragu untuk konsultasi dengan psikolog. Padahal, dengan berkonsultasi permasalahan anda bisa segera teratasi dan anda dapat beraktifitas secara normal kembali.

Banyak sekali orang yang sulit melihat pertanda bahwa mereka harus segera datang konsultasi. Padahal bila dicermati sekilas saja, sudah sangat terlihat seseorang yang mengalami permasalahan psikologis memang harus segera berkonsultasi. Dampaknya mereka akan memaksakan diri untuk mengatasi sendiri dengan cara-cara yang tidak sehat. Akhirnya bukan jalan keluar yang didapatkan justru permasalahan yang semakin rumit.

Agar lebih mudah dalam menilai diri apakah sudah harus segera konsultasi dengan psikolog semarang, berikut ini tanda-tanda yang perlu diperhatikan

Perubahan Emosi yang Sangat Drastis

Seseorang yang mengalami perubahan suasana hari yang tiba-tiba mengindikasikan seseorang sedang berada dalam permasalahan yang serius. Misalnya seperti suasana hati sedih, namun tak lama kemudian menjadi riang gembira seperti baru saja mendapatkan hadiah. Kondisi ini tentunya akan berdampak pada mood dan juga relasi dengan orang lain yang ada di sekitarnya. Dan bila tak segera ditanggulangi maka akan berujung pada menutup diri dan terpikirkan untuk mengakhiri hidup.

Mengkonsumsi Sesuatu Secara Berlebihan

Salah satu permasalahan yang sering tidak disadari seseorang yang mengalami gangguan psikis ialah mengkonsumsi sesuatu dengan berlebihan. Hal tersebut bila dilakukan secara terus menerus dan perilakunya tidak dapat dikontrol maka itu merupakan salah satu tanda seseorang sedang mengalami gangguan psikologis.

Kesedihan Tak Berujung

Sedih merupakan salah satu emosi yang ada di setiap diri manusia. Ya, kesedihan merupakan salah satu bentuk ekspresi emosi yang memang perlu dimunculkan. Akan tetapi, terkadang ada beberapa orang yang mengalami kesedihan yang tak kunjung berakhir. Misalnya seperti baru saja kehilangan orang tercinta. Kesedihan yang berlangsung dalam waktu yang lama pastinya akan menghambat dan menyulitkan pada keberlanjutan hidup seseorang.

Mengalami Situasi Yang Traumatik

Banyak permasalahan psikis manusia yang berawal dari peristiwa traumatik yang pernah dialami di masa lalu. Peristiwa traumatik itu bisa bermacam-macam bentuknya seperti pernah mengalami kekerasa, pelecehan seksual, pemerkosaan, perceraian, kecelakaan, dan masih banyak lagi. Suatu pengalaman traumatik yang tidak terselesaikan akan berdampak pada kondisi psikis yang memburuk. Biasanya hal ini muncul dengan tanda sulit tidur, sering mimpi buruk, tidak nafsu makan dan lain sebagainya. Bila anda sudah mengalami tanda-tanda tersebut dalam jangka waktu yang lama maka segeralah kunjungi psikolog semarang untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebenarnya masih banyak lagi tanda-tanda yang muncul saat anda mengalami sesuatu yang kurang baik dengan psikis anda. Yang perlu anda pahami ialah, saat anda mengalami kondisi yang tidak seperti orang pada umumnya dan kondisi tersebut sangat mengganggu kualitas hidup anda maka dapat dikatakan anda sedang berada di kondisi yang memang membutuhkan pertolongan psikolog. Maka segeralah mencari bantuan agar tidak berlarut-larut dan semakin dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here