No Widgets found in the Sidebar

Semarang, 1 Mei 2016

Hari Minggu gini biasanya pada posting status “waktunya bobo – bobo cantik atau males-malesan kucing”. Aku juga pengennya gitu sih, apalagi hampir seminggu ini energi terkuras habis di RSJ. Tapi, Tuhan berkata lain.

Hari ini aku ketemu seorang ibu-ibu yang baru saja aku kenal memalalui FB. Sebut aja Ibu Maymunah, tapi biar keren jadi disebut Ibu Maya hehe. Ibu Maya berasal dari daerah Jawa Timur. Beliau datang ke Semarang karena tertarik dengan kegiatan komunitas kejiwaan yang aku laksanakan awal bulan ini.

Dibalik perawakannya yang kecil, Bu Maya memiliki energi yang luar biasa. Coba aja bayangin, demi untuk menghadiri acara beliau rela berangkat satu hari sebelumnya. Sebagian besar waktunya ia habiskan di jalan, jadi aku sangat salut dengan kegigihan Bu Maya ini.

Dibalik kisah perjuangan yang ia ceritakan tentang hidupnya bersama dengan ODMK (orang dengan masalah kejiwaan), terselip sebuah cerita yang membuatku terheran-heran. Selain isi ceritanya, aku juga heran kenapa beberapa orang yang bertemu denganku mesti ending pembicaraan bertopik soal seks. haha

Jadi begini ceritanya, Cerita ini tercetus ketika kami sedang makan siang berdua di warteg. Bu Maya sebenarnya asli orang Jawa Tengah, karena menikah dengan orang Jawa Timur akhirnya beliau pindah ke daerah Jatim mengikuti suami. Bu Maya tinggal di sebuah Kabupaten, sebut aja Kab. Bhe.

Bu Maya bercerita kalo dia tinggal di lingkungan yang unik. Awalnya aku sih gak gubris apa maksudnya lingkungan yang unik. Tapi gak beberapa lama Bu Maya melanjutkan bahwa lingkungan rumahnya itu memiliki budaya tukar pasangan antara saudara kandung, saudara jauh, tetangga, bahkan dengan orang lingkungan lain yang masih satu kabupaten. Sontak aku kaget. “Hah?? Ciuss Bu May???!”

Dengan wajah sersan (serius tapi santai) Bu May menjelaskan bahwa tradisi itu turun temurun dari zaman PKI (Partai Komunis Indonesia) masih berkuasa dan Bu May juga menambahkan kalo wilayah yang dia tempatin itu dulunya adalah pusatnya PKI, widiiwhh…

Paham komunis yang memiliki nilai “Sama Rata, Sama Rasa” itu membuat tradisi tukar pasangan dilegalkan, pada zaman itu dan saat ini. “Jadi hal yang sangat wajar bila seorang laki-laki beristri melakukan hubungan seks dengan tetangga tanpa adanya ikatan pernikahan. Bahkan kalo si istri menolak, akan dianggap wanita yang tidak benar karena gak manut sama suami”, cerita Bu May. Aku jadi makin penasaran, yang di otakku Cuma ada kalimat “Lho kok isoooooooo??? (Lho kok bisaaaa????)”.

Bu May bercerita karena ia pernah mengalaminya. Jadi suami Bu May pernah melakukan hal tersebut, karena tidak mengerti tentang tradisi tersebut Bu May marah karena suami sudah selingkuh. Bukan permintaan maaf yang didapat, malah bogem mentah yang mendarat di tubuhnya. Bu May akhirnya melaporkan peristiwa tersebut ke pihak berwajib. Bukan perlindungan yang didapat, tapi seakan seperti hinaan. Oh Shit! Ternyata aparat desa maupun yang berwajib juga sama melakukan hal tersebut. Bu May cerita kalo laporannya tetap diterima dengan baik, tapi pihak berwajib menyarankan untuk damai saja dengan suami daripada di proses lebih lanjut. Menurutnya, hal tersebut bukan kategori perselingkuhan.

Bu May juga menjelaskan bahwa tradisi ini adalah tradisi yang sangat tertutup dan dikelabuhi oleh topeng agamis yang sangat tebal. Jadi setiap ada peneliti yang ingin meneliti fenomena tersebut akan langsung diblokir aksesnya bahkan sampai diancam. Jadi.. Ya you know Indonesia so well lah, kalo segala sesuatu yang pakai topeng agama itu pasti sudah dianggap sangat baik, jadinya fenomena ini akan dianggap bualan semata.

Aku jadi mulai ngeh kenapa pemerintah dulu mati-matian membrantas PKI. Ternyata selain sistem pemerintahannya diktator dan satu arah, nilai Sama Rata Sama Rasa ini menjadi disalahgunakan seperti yang diceritakan Bu May. Bukan pemerataan ekonomi yang dilakukan, eh malah pemerataan penyaluran nafsu seks yang dilakukan. Weh weh weh…

By celotehyori

Diana Mayorita, yang lebih sering dipanggil dengan YORI. Saat ini berprofesi sebagai psikolog klinis yang concern pada issue seks & relationship. Saat ini juga bersama tim sedang mengembangkan sebuah platform digital untuk memudahkan akses layanan psikologi di Indonesia. Selain itu, juga aktif dalam berbagi edukasi psikologi dan seksologi melalui berbagai media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.